Minggu, 15 Desember 2013

SCAMPER YUUUK !!!

Halo teman-teman ^^
Untuk postingan kali ini kita akan belajar bersama apa itu SCAMPER.
Ada yang sudah tahu apa itu scamper??

Ya, SCAMPER adalah sebuah teknik untuk memicu berpikir kreatif sehingga bisa menghasilkan ide-ide baru. Bagaimana bisa SCAMPER membuat kita berpikir kreatif? Mari kita bahas.

SCAMPER merupakan gabungan dari awalan kata-kata kunci yang bisa kita gunakan untuk berkreatifitas. Apa saja kata-kata kunci tersebut?

1. Substitute
            Substitute artinya mengganti. Kita bisa berkreasi dengan mengganti suatu bahan dengan substitutornya. Misalnya : Sebuah jahitan kain dan kapas bisa digunakan sebagai pengganti penghapus papan tulis.

2. Combine
            Combine artinya mengkombinasi. Mengkombinasikan 2 barang atau lebih adalah salah satu hal termudah untuk berkreasi. Misalnya : Menggabungkan ballpoint dengan lampu senter, sehingga menghasilkan ballpoint yang mempunyai senter disisi atasnya.

3. Adapt
            Adapt artinya mengadaptasi. Suatu barang diadaptasikan dalam suatu keadaan sehingga bisa dimanfaatkan. Misalnya : Sebuah perahu diadaptasikan menjadi sebuah bak mandi, menghasilakan sebuah karya yang lebih berseni yaitu bak mandi berbentuk perahu.

4. Modify
            Modify artinya mengubah. Mengubah benda bisa berarti juga berkreasi dengan bentuk benda atau komponen-komponen benda tersebut. Misalnya : Sebuah penghapus papan berbentuk balok, kemudian diubah menjadi bentuk hewan lucu-lucu untuk dipakai di TK pasti lebih menarik.

5. Put to Other Use
            Put to other use artinya meletakkan ke fungsi lain. Suatu barang bisa digunakan fungsi lain. Misalnya : Sebuah gelas minum berfungsi untuk tempat air kemudian dimanfaatkan sebagai pot mini yang unik.

6. Eliminate
            Eliminate artinya mengurangi/menghilangkan. Sebuah benda  dapat juga dikreasikan dengan menghilangkan atau menyederhanakan komponen tertentunya. Misalnya : Sebuah sepatu flat dengan ujung terbuka kemudian ujungnya dihilangkan, akhirnya menghasilkan kreasi baru.


7. Rearrange
            Rearrange artinya mengatur ulang. Berkreasi dengan rearrange sangat mengasyikkan. Sebuah benda dapat ditataulang dan memberikan nilai tambah. Misalnya : Sebuah toples yang tutupnya di bagian atas kemudian dipindah ke bagian samping menghasilkan kreasi yang lebih unik.

Simulasi :
Membuat beberapa kelompok yang masing-masing kelompok harus membawa 1 atau lebih benda. Dalam satu kelompok tersebut kemudian ada salah satu yang membawa benda tersebut dan menyebutkan ingin mengubah benda tersebut jadi apa sesuai teknik SCAMPER. Setelah satu orang selesai, dilanjutkan pada orang lain dengan cara yang sama memikirkan akan jadi apa benda tersebut. Setiap memikirkan akan diberikan waktu 1 menit, jika tidak bisa berkreasi dengan benda tersebut, maka akan ada 'hadiah' sesuai kesepakatan.^^

Nah demikian penjelasan tentang teknik SCAMPER. Teknik ini tidak hanya bisa digunakan untuk barang saja, tapi juga bisa diaplikasikan di dunia manajerial, menulis, pendidikan, dll.

Ayo sama-sama belajar jadi manusia yang kreatif!!!

3 komentar:

Unknown mengatakan...

be a creative!!
sip bermanfaAt sekali

Unknown mengatakan...

selamat berkreatif ria..

Unknown mengatakan...

nice post
reblog @http://richardotiono.blogspot.com/

Posting Komentar

 
;