Minggu, 29 September 2013

Apakah Kita Sudah Belajar???


Belajar  adalah suatu kata yang sering kita dengar dalam rutinitas harian kita. Tapi seringkali kita tidak  tahu apa arti belajar sebenarnya.  Belajar dapat diartikan suatu proses dimana kita tidak tahu menjadi tahu. Memang benar bila belajar menjadikan kita yang tidak tahu menjadi tahu.  Tapi ternyata yang terpenting dari belajar bukan itu.
Yang terpenting adalah ketika kita berhasil melepas yang kadaluwarsa dan menggantinya dengan pengetahuan terupdate kita. Itu berarti kita dengan rela menerima dan melakukan perubahan. Misalnya, seorang mahasiswa mendapat ilmu baru bahwa kemeja dimasukkan dan berikat pinggang adalah cara berpakaian yang baik. Ilmu tersebut tentu saja memberi tahu mahasiswa yang semula tidak tahu itu, tapi kenapa anak mahasiswa itu dikatakan belum belajar berpakaian?? Ternyata anak laki-laki tersebut belum mau merubah cara berpakaiannya sesuai ilmu barunya tersebut. Laki-laki tersebut lebih memilih bertahan di kebiasaan lamanya daripada menerapkan ilmu barunya. Jadi, bagaiman bisa seseorang dikatakan belajar bila tidak ada hasil penerapan dari proses belajar tersebut???




Nah dari contoh di atas, coba kita renungkan, apakah setiap hari kita memang sudah belajar?? Ataukah kita hanya 'cukup tahu' saja?
Jika memang sebelum membaca ini kita baru tahu saja, mulai sekarang mari kita berusaha menerapkan konsep belajar yang benar. Melepas yang kadaluwarsa dan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.
  
a/n : Untuk janji mind map mohon ditunggu. Maaf tidak tepat waktu. 



credit: cre1 , cre2

0 komentar:

Posting Komentar

 
;